Jumat, 26 Juni 2009

all about kepiting

Tips Untuk Penggemar Kepiting

Sunday, 28 September 2008 12:37

Cara membuat kepiting mati
# Kalau beli kepiting harus yang masih HIDUP. Beberapa penjual mengakalinya dengan mencampur kepiting yang masih hidup dengan yang sudah mati, jadi pada saat anda memilih akan ditunjukkan yang hidup dan waspadai kalo-kalo dikantongin yang sudah mati.

# Pilih kepiting, baik yang jantan maupun betina sebaiknya yang padat jangan yang gembos. Bisa diketahui dengan menekan cangkangnya. Jangan beli kepiting yang diikat penuh lilitan tali jangan-jangan untuk mengelabui kepiting yang capitnya sudah putus.

# Cara menjaga agar kepiting awet hidup sampai beberapa hari yakni masukkan dalam panci, beri air garam, jangan lupa ditutup kain (kelambu) agar tidak digigit nyamuk. Bisa tahan beberapa hari.

# Masukkan kepiting ke dalam air mendidih. Jangan pakai teknik mutilasi atau ditusuk dulu biar mati baru dimasak, karena biasanya cairan tubuhnya banyak keluar dan ujungnya, dagingnya tidak penuh lagi.

# Tip utk melumpuhkan kepiting, dijamin manjur, dan tidak bakal dijepit.
Kalau kita beli kepiting biasanya dalam keadaan hidup, tapi diikat tali. Waktu masih diikat, taruh aja di dalam air es beberapa menit. Kepiting akan lumpuh (termasuk jepitnya), kemudian buka ikatannya, cuci dulu supaya bersih, lalu cemplungkan ke air mendidih.

Cara membedakan kepiting jantan dan betina
# Untuk membedakan kepiting berkelamin jantan dan betina dilihat dari bentuk dan ukuran tutup perutnya. Kepiting jantan memiliki tutup perut yang lancip menyempit, sedangkan kepiting betina tutup perutnya bundar dan lebar. Dari segi fisik pada umumnya yang jantan lebih gede dan betina sebaliknya.


# Ada satu, yang disebut kepiting banci. Kepiting jenis ini pada bagian segitiga perutnya tidak menyempit dan juga tidak melebar alias di antara keduanya. Kalau yang doyan kepiting mestinya tahu kepiting banci ini, karena rasa 'telor'nya (sebenarnya bukan telor, agak berwarna putih) jauh lebih enak daripada yang betina. Kalau membedakan jantan dan betina saja tidak bisa, ya mungkin agak susah untuk menentukan jenis kepiting ini.

# Kalau merebus kepiting airnya harus diberi arang (baik yg dari batok kelapa maupun yg kayu) untuk menghilangkan racun, serta boleh ditambah jahe untuk menghilangkan bau amisnya.

# Untuk check ada tidaknya telor kepiting bisa dilihat dari segitiga penutup perut kepiting itu, anda tinggal buka 'sedikit saja, kalau memang bertelor akan langsung kelihatan warna orange/kuning. Bukanya di segitiga yg lebar (kepiting betina), kalau yg segitiga sempit (kepiting jantan) nggak bakal ada telornya.
Tetapi jangan pula terkecoh oleh warna orange/kuning itu pasti telor kepiting. Kadang-kadang oleh penjualnya diisi wortel yang diirisi kecil-kecil supaya dikira pembeli kepeting bertelor.

Beda kepiting jantan dan betina

* kalau cuma bedakan kepiting jantan dan betina mah muda, yg betina dibadan bagian bawah ada bagian yg bisa dibuka dan lebar bentukanya, kalau yg jantan lebih sempit bukaannya.
(Lha bagian yang anda maksud itu yang mana ? Kalo cuman lebar sempit manusia juga sama dimana yang betina dibadan bagian bawah ada yang bisa dibuka dan lebar bentuknya, kalo yang jantan lebih sempit bukaannya cuman bentuknya kayak lenjer (empek-empek palembang)....he..he..he.....
-- VeriS '92)
Yang saya maksud, dibagian perut kalau anda perhatikan ada semacam tutup yg berbentuk "segitiga" (seperti manusia lagi ?), kalau bentuk segitiganya lancip itu cowok, tapi kalau segitiganya melebar itu cewek.
-- robert'76
* Untuk membedakan kepiting berkelamin jantan dan betina dilihat dari bentuk dan ukuran tutup perutnya. Kepiting jantan memiliki tutup perut yang lancip menyempit, sedangkan kepiting betina tutup perutnya bundar dan lebar. Dari segi fisik pada umumnya yang jantan lebih gede dan betina sebaliknya.
-- Ben Astono'83
* Ada satu lagi pak. Yang disebut Kepiting Banci. Kepiting jenis ini pada bagian segitiga perutnya tidak menyempit dan juga tidak melebar alias di antara keduanya. Kalau yang doyan kepiting mestinya tahu kepiting banci ini, karena rasa 'telor'nya (sebenarnya bukan telor, agak berwarna putih) jauh lebih enak daripada yang betina. Kalau membedakan jantan dan betina saja tidak bisa, ya mungkin agak susah untuk menentukan jenis kepiting ini.
-- Yo Hanapi '80
* Asal jawabanya jangan spt anekdot spt ini:
beda kepiting betina dan jantan adalah mudah. Kepiting betina adalah kepiting yg memakan nyamuk jantan dan kepiting jantan adalah kepiting yg memakan nyamuk betina.
Lalu bgm membedakan nyamukjantan dan nyamuk betina, waaahh... itu bukan keahlian "Pendekar Kepiting", tanya saja kpd "Pendekar Nyamuk". Lha..!
-- ferryanto'81
Membedakan Kepiting Betina dan Jantan


Sekarang banyak restoran yang mempersilakan pelanggannya untuk memilih sendiri ikan, udang dan kepiting yang akan dimasak. Sedikit tips membedakan kepiting betina dan kepiting jantan.
Jika anda suka makan kepiting yang ada telurnya tentu anda akan memilih kepiting betina. Untuk membedakan caranya mudah saja. Cukup anda membalik kepiting tersebut dan melihat segitiga yang ada di bagian perut kepiting. Jika segitiga tersebut lancip maka itu kepiting jantan, dan jika segitiga tersebut melebar maka itu adalah kepiting betina. Anda juga bisa memastikan apakah ada telurnya atau enggak dengan mengintip di dekat mata kepiting, akan terlihat telurnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar