Jumat, 04 Desember 2009

Pengertian dan definisi indeks harga

Indeks harga

Indeks harga sangat diperlukan dalam kegiatan ekonomi suatu negara, Sebab kenaikan harga atau penurunan harga merupakan informasi penting untuk mengetahui perkembangan ekonomi . Harga yang berlaku di pasar merupakan indeks harga konsumen yang sangat penting untuk menentukan kebijakan perekonomian dewasa yang akan datang .

1.Pengertian indeks harga

Angka indeks merupakan suatu ukuran statistik yang menunjukkan peubahan suatu variabel atau sekumpulan variabel yang berhubungan satu sama lain, baik pada tempat atau tempat yang sama atau bulanan . Angka indeks adalah angka relatif yang dinyatakan dalam presentase, biasanya untuk kesederhanaan, bentuk presentase bisa dihilangkan . Dalam bidang ekonomi pada dasarnya terdapat tiga macam angka indeks, yaitu :

A)Angka Indeks harga (Price relative)

Indeks harga adalah angka yang menunjukkan perubahan mengenai harga barang-barang baik harga untuk satu macam barang dalam waktu dan tempat yang sama atau bulanan .

B)Angka Indeks Jumlah (Quantity relative)

Indeksjumlah adalah angka yang menunjukkan perubahan mengenai jumlah barang yang sejenis atau sekumpulan barang yang dihasilkan, digunakan, diekspor dijual, dan sbg . Untuk waktu dan tempat yang sama ataupun berlainan .

C)Angka Indeks Nilai (Value relative)

Indeks nilai adalah angka yang dapat dipergunakan untuk mengetahui nilai mengenai barang yang sejenis atau sekumpulan barang dalam jangka waktu yang diketahui .

2.Peranan indeks harga dalam ekonomi

Peranan indeks harga antara lain :

a)Indeks harga merupakan petunjuk atau barometer dari kondisi ekonomi umum . Hal ini mengandung maksud sebagai berikut :

-Indeks harga grosir dapat menggambarkan secara tepet tentang tren perdagangan .

-Indeks harga diterima petani dapat menggambarkan kemakmuran di bidang agraria .

b)Indeks harga umum merupakan pedoman bagi kebijakan dan administrasi perusahaan.

c)Indeks harga dapat digunakan digunakan sebagai deflator, maksudnyabahwa pengaruh perubahan harga dapat dihilangkan dengan cara membagi nilai tertentu dengan indeks harga yang sesuai . Proses ini dinamakan proses deflasi dan pembaginya disebut deflator .

d)Indeks harga dapat dipakai sebagai pedoman bagi pembelian barang-barang . Maksudnya ialah harga barang yang dibeli dapat dibandingkan dengan indeks harga eceran atau indeks harga grosir agar dapat diukur efisiensi pembelian barang yang bersangkutan.

e)Indeks harga barang-barang konsumsi merupakan pedoman utk mengatur gaji buruh atau menyesuaikan kenaikan gaji buruh atau menyesuaikan kenaikan gaji buruh pada masa inflasi .






8 komentar:

  1. Thanks infonya
    sangat membantu

    BalasHapus
  2. sami sami
    syukran telah brkungjung di trainnerone.blogspot.com

    BalasHapus
  3. TERIMA KASIHHHH...

    anda sangat membantuuuu...

    tugasku jadi ringan...

    Tuhan berkati kamuuu...

    semoga kamu dapat berkat yang melimpah..

    hahaha.. God Blesss....

    BalasHapus
  4. maaf baru balas....
    iaaa.......
    aminnnn
    terimakasih
    GBU too
    saya akan berusaha terus u/ memperbaiki blog saya

    BalasHapus
  5. thanks ya,,
    ini ngebantu banget buat PR makalah sya,,..
    :)

    BalasHapus
  6. Very Interesting To Read...! Keep it up the great work.

    BalasHapus
  7. tujuan saya membuat blog ini untuk membantu teman2.....jd suatu kebanggan bisa membantu teman2 terutama adek2 kelas...kakak pngn adek2 klas dpt dgn mudah mengerjakan tugas2nya ....
    salam....
    Trainnerone
    maaf kalo telat blsnya....baru ada waktu senggang hehe

    BalasHapus
  8. Referensi dari mana ini sob?

    BalasHapus