Jumat, 04 Desember 2009

BAB 2 Landasan dan Asas Koperasi

BAB 2. Landasan dan Asas Koperasi

1) Landasan Koperasi Indonesia

Berdasarkan Undang-undang. No. 25 tahun 1992, landasan koperasi Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Landasan idiil adalah pancasila. Artinya, koperasi Indonesia harus mendasarkan dirinya pada Pancasila, dan menjadi landasan moral bagi seluruh anggota koperasi di Indonesia.
  2. Landasan structural adalah UUD 1945. Koperasi berlandaskan UUD 1945 khususnya Pasal 33 ayat (1) yang mengandung pengertian sebagai berikut:

1) Segala kegiatan koperasi adalah usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

2) Mengutamakan kesejahteraan seluruh anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya dan bukan kemakmuran perseorangan.

  1. Landasan mental berupa kesetakawanan dan kesadaran berpribadi. Artinya di antara sesame anggota koperasi harus ada rasa kesetiakawanan, kebersamaan, rasa kekeluagaan dan masing-masing anggota tidak tergantung pada orang lain
  2. Landasan operasional merupakan tata aturan kerja yang harus diikuti dan ditaati oleh semua anggota, pengurus, badan pemeriksa, manajer, dan karyawan koperasi dalam melaksanakan tugas masing-masing.

Adapun landasan operasional koperasi yaitu:

1) Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Pokok-pokok Perkoperasian

2) Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi.

2) Asas Koperasi Indonesia

Pasal 2 Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 menyebutkan bahwa asa koperasi Indonesia adalah kekeluargaan. Asas kekeluargaan mengamanatkan kebersamaan dan gotong royong dalam menjalankan kegiatannya, tidak boleh saling menindas dan mematikan, usaha yang sifatnya mengejar keuntungan untuk diri sendiri dan sifat keserakahan sangat bertentangan dengan asas koperasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar