Jumat, 04 Desember 2009

Artikel 1

Perupa Berbakat yang Sempat Terpendam Gara-gara Cinta

Kerangka: - Pematung lahir pada abad ke- 19

-Dunia pematung pada masa itu

-Karya seni yang sangat cemerlang

SEBAGAI pematung perempuan Perancis yang lahir dan berkarya pada abad ke-19, Camille Claudel membawa sejarahnya sendiri yang tragis dan romantis. Lahir di lingkungan keluarga borjuis kecil, sebagai artis yang berbakat, Camille hadir dengan mendobrak berbagai konvensi lingkungan zamannya.

Dunia pematung pada masa itu, seperti juga masih pada masa kini, merupakan kawasan yang didominasi seniman pria, baik bagi perupa yang memakai bahan batu pualam, apalagi bagi mereka yang memakai bahan tembaga. Laki-laki mendominasi sistem pendidikan di akademi seni rupa, kontak dengan galeri seni, dan melakukan publisitas pada masyarakat ramai. Sebagai wanita berbakat dengan kadar memukau dan datang dari keluarga memadai, Camille tentunya dapat memilih suatu jalan hidup yang nyaman dan jauh dari konflik, kalau saja ia setia berperan dalam norma lingkungan dan zamannya.

Ironisnya, karya seninya yang cemerlang, hasil dari jerih payah dan bakat seninya, sempat "terpelanting". Apalagi perkembangan kreasinya dipantau dan dibandingkan dengan karya seni pematung tenar, August Rodin, perupa genius kontroversial Perancis yang dikenal di berbagai penjuru dunia dan dijuluki "Michel-Angelo modern".






Tidak ada komentar:

Posting Komentar