Jumat, 04 Desember 2009

Energi Gratis Yang Mahal

Energi Gratis Yang Mahal

Kerangka: - Panel tenaga surya yang pernah ada

Asap dan bau yang menyengat

Pindah dari batu bara ke tenaga surya

Sistem pembangkit listrik tenaga surya

Ide sederhana dari pembangkit lisrik

Dalam cuaca di dekat kota Leipzig jerman, melewati sebuah kolam di mana angsa-angsa liar mencari makan. Lapangan itu juga dipenuhi 33.500 panel photovoltaic, diatur berjajar seperti bunga-bunga perak yang semuanya menghadap ke matahari, bergelombang lembut selaras kontur tanah. Ini adalah salah satu instalasi rangkaian panel tenaga surya terbesar yang pernah ada. Ketika matahari muncul, lapangan ini menghasilkan tenaga listrik hingga lima watt (MW). Produksi rata-ratanya cukup memenuhi kebutuhan listrik sekitar 1.800 rumah.

Tak jauh dari situ, terdapat cekungan-cekungan dimana batu bara pernah ditambang beberapa dekade untuk menghidupi sejumlah pembangkit listrik dan pabrik. Langit biasanya berwarna cokelat, dengan asap dan bau belerang yang menyengat.

Kini penambangan berubah menjadi danau-danau. Energi yang dulu bersumber dari batu bara, kini dibangkitkan dari sebuah”pembangkit energi”yang berjarak 150 juta km.

Sistem pembangkit listrik tenaga surya menangkap energi langsung dari matahari – tanpa pembangkaran, tanpa emisi. Beberapa laboratorium dan perusahaan membuat pengujian lewat suryakanta anak-anak “versi dewasa”:mangkuk raksasa yang dilengkapi cermin atau kotak untuk mengumpulkan sinar mentari, memproduksi panas yang dapat menjalankan generator. Namun saat ini, tenaga surya seringkali diartikan sebagai sel-sel surya (solar cell).

Ide tersebut sederhana saja: Sinar surya mengenai permukaan semikonduktor yang membangkitkan elektron-elektron, menghasilkan listrik. Namun harga sel-sel ini masih sangat mahal. Sistem yang orang miliki dan relatif kecil saja sudah menghasilkan lebih dari 15.000 dolar kanada,sekitar 10 dollar per watt, termasuk baterai untuk menyimpan energi ketika matahari tak bersinar






Tidak ada komentar:

Posting Komentar