Selasa, 01 September 2009

Benang Merah Trio M

Benang Merah Trio M (MU, Madrid, Milan)

( Ditulis oleh Luhur Satya Pambudi )

Manchester United, Real Madrid, dan AC Milan merupakan klub-klub favorit saya di Eropa. Catatan panjang prestasi dan penampilan impresif mereka membuat saya layak saja mengagumi mereka. Ada sejumlah persamaan di antara ketiga tim tersebut. Pertama tentu saja kota tempat mereka berasal yang berawalan huruf ‘M’ : Manchester, Madrid, dan Milan. Lalu ketiga tim sudah berkali-kali menjadi juara liga di negaranya masing-masing, juara Eropa, maupun juara dunia. Beberapa pemainnya pernah menjadi pemain terbaik dunia ketika memperkuat klub-klub itu, seperti : Cristiano Ronaldo (MU), Zinedine Zidane (Madrid), dan Ricardo Kaka (Milan).


Di awal tahun 2009 ada sebuah benang merah baru yang menghubungkan trio M. Benang merah itu adalah David Beckham. Mantan kapten timnas Inggris itu barangkali satu-satunya pemain yang pernah memperkuat MU, Madrid, dan Milan sekaligus.

Menjelang bergulirnya musim 2009-2010, ada tiga pemain bintang yang hijrah ke klub anyar. Dan transfer itu pun menjadikan mereka memperkuat dua tim dari trio M. Mereka adalah Ricardo Kaka (Milan dan Madrid), Cristiano Ronaldo (MU dan Madrid), serta Michael Owen (Madrid dan MU). Selain itu ada sejumlah pemain yang kariernya pernah serupa dengan ketiga pemain tersebut, yaitu : Christian Panucci (Milan dan Madrid), Clarence Seedorf (Madrid dan Milan), Jaap Stam (MU dan Milan), Ruud van Nistelrooy (MU dan Madrid), Gabriel Heinze (MU dan Madrid), Emerson (Madrid dan Milan), dan Ronaldo Luiz (Madrid dan Milan). Daftar itu bisa saja bertambah panjang jika Milan jadi merekrut Klass- Jan Huntelaar dari Madrid. Terakhir, Fabio Capello merupakan pelatih yang pernah membawa Milan dan Madrid meraih gelar juara ketika kedua tim itu ditanganinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar