Lha, kok saya ngasi tips ngerawat kandangnya? Hehe… iya nih, ngasi tips ngerawat kandang dulu, baru deh ngasi tips ngerawat hamsternya. Soalnya, banyak orang yang beli hamster tanpa mikirin kandangnya. Padahal kandang itu kan sama berartinya kaya rumah bagi kita, manusia.
Nah, pertama-tama untuk ukuran kandang usahakan ga terlalu kecil. Hamster itu sukanya lari-lari sana sini, jadi kalo kandangnya sempit otomatis ruang geraknya juga sempit. Trus, kalo kandangnya sempit berarti sirkulasi udara di dalam kandang juga kurang bagus. Usahakan beli kandang yang dari besi (berjeruji), jangan yang tertutup soalnya nanti si hamster sesek napas atuh….
Hamster juga doyan banget pipis n pup sembarangan. Itu kenapa kita harus jaga biar mereka ga basah karna pipisnya itu. Caranya, beli aja serbuk kayu atau pasir untuk alas di kandangnya, biar pipisnya diserap. Bagusan sih pasir yah, soalnya ga sekali pake. Memang harganya mahal, tapi kalo dibersiin pake antiseptik trus dijemur, bisa dipake lagi kok. Bersiin kandangnya juga jangan kelamaan, minimal sehari sekali tuh lantai yang kotor diberesin, makanan sisa dibuang (kalo ga gitu bau busuknya bikin sumpek kandang), n juga bersiin raikkonennya. Kalo ganti alasnya sih cukup 3 hari sekali. Kalo ga gitu, hamsternya bisa bau pesing….
Hamster kan dari sononya memang uda bau, tapi jangan khawatir karna itu semua bisa diatasin. Coba beli pasir mandi untuk hamster. Biasanya sih ada aromaterapinya, entah apel, lavender, dsb. Harganya agak mahal ketimbang pasir alasnya, makanya kita harus irit makenya. Siapin aja 1 tempat buat hamster berguling2 di atas pasir mandinya. Ga perlu diajarin, si hamster pasti ngerti cara berguling2 di pasir :hehe:
Tapi ga cukup lho kalo cuman bersiin alas kandangnya aja…. Kadang-kadang kita perlu cuci bersih kandangnya, kalo perlu pake antiseptik. Saya yakin, kalian-kalian yang piara hamster pasti menyempatkan waktunya minimal 30 menit per hari untuk main-main ama hamsternya. Iya kan??? Jadi, ga susah dong buat sekalian bersiin kandang plus maen-maen?